Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Folder Tersembunyi di Android, Begini Caranya!



Membuat Folder Tersembunyi di Android

Membuat Folder Tersembunyi di Android, Begini Caranya!

Teknologi yang ada pada HP android sekarang ini memberikan kemudahan penyimpanan berkas dalam bentuk folder dan dengan mudah dapat diakses dimana saja. File data yang anda miliki tentu ada yang bersifat umum dan private. Nah, untuk berkas yang bersifat private sebaiknya disimpan secara khusus dengan folder yang khusus juaga sehingga kamu perlu menyediakan folder tersembunyi di Android kamu.

Folder yang disembunyikan biasanya digunakan oleh beberapa orang untuk menyimpan file data yang bersifat pribadi, penting atau rahasia. HP Android juga menyediakan penyimpanan file pada folder yang bisa disembunyikan dibagian tertentu sama dengan di PC atau Notebook. Jika kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat folder tersembunyi di HP Android, silahkan simak ulasan berikut ini!!

Cara Membuat Folder Tersembunyi di Android

Untuk cara menyimpan File data atau dokumen di HP Android saya yakin kamu sudah caranya. Membuat folder yang diberi nama sesuai dengan isi file data, kemudian menyimpan file dalam folder tersebut. HP Android memudahkan penggunanya untuk melakukan pengelolaan file data yang ada di folder Android. Nah, proses yang hampir sama untuk membuat folder tersembunyi di Android, kamu bisa melihat perbedaannya pada proses berikut ini:
  • Buka aplikasi pengelola file atau biasa yang tampil dengan nama file manager di HP Anda.
  • Silahkan kamu pilih tempat untuk membuat folder baru (create new folder).
  • Beri nama pada folder yang baru saja telah kamu buat, bisa dengan nama yang sesuai dengan file atau beri nama sesuai yang kamu akan rahasiakan.
  • Kemudian pindahkan file yang kamu ingin simpan pada folder baru tersebut.
  • Tambahkan titik pada awal pemberian nama pada folder tersebut. Cliing! Folder pun sudah tersembunyi. Inilah proses yang menjadi pembeda dengan pembuatan folder tidak tersembunyi.
Simple bukan, bisa langsung mempraktekkannya di HP Android kamu. 

Terus selanjutnya bagaimana cara mencari dan mengakses folder yang telah disembunyikan tadi?. Don't Worry, ini juga mudah untuk kamu lakukan, cukup dengan pilih file manager seperti saat kamu membuat folder tersembunyi di HP Android sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya selengkapnya :

  • Buka file manager di HP android kamu.
  • Buka menu pengaturan atau settings pada HP.
  • Cari pilihan tampilkan folder tersembunyi atau shows hidden folder, dan folder yang kamu sembunyikan akan muncul.
Yang perlu kamu ingat adalah jalur atau path folder tersebut, sehingga kamu dapat menemukan folder tersebut sama dengan folder lain, hanya saja tampilan foldernya agak transparan. Sederhana tetapi dapat membuat kamu merasa tidak khawatir karena file data yang bersifat penting, pribadi dan rahasia dapat tersimpan pada tempat yang kamu inginkan.

Membuat Folder Tersembunyi di Android

Mengapa kamu membutuhkan penyimpanan file pada folder tersembunyi? Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa tidak semua file data berisi informasi yang bersifat umum/publik atau bisa diketahui oleh orang lain. Ada juga file data private dengan akses terbatas yang mungkin tidak boleh diketahui oleh siapa saja. Karena bisa saja orang yang tidak bertanggung jawab sengaja membuka HP mu dan mengambil file data yang ada pada HP android mu.

Dampak dari pencurian file data sangat riskan bisa disalah gunakan, maka dari itu saran untuk menghindari hal demikian maka buatlah folder tersembunyi agar tidak ada yang dapat mengakses file data tersebut selain anda. Karena itu berhati-hatilah dengan fdile data yang ada di HP Android anda. Selamat mencoba dan mempratekkan cara membuat folder tersembunyi di Android, sukses untuk Anda.