Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk Dan Flashdisk, Its Work!


cara mengembalikan file yang terhapus di hardisk

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk Dan Flashdisk dengan aman! - Pernah mengalaminya? Ya, mungkin terkadang anda tanpa sengaja menekan tombol delete dokumen. Padahal, dokumen tersebut sangat penting.

Terburu-buru ketika mengerjakan sesuatu juga dapat menjadi alasan. Terkadang karena pikiran kita yang kurang fokus hingga tanpa sadar menggerakkan anggota tubuh dan justru melakukan kesalahan. Tapi tenang, kali ini Droidnesia.com bakalan kasih kamu penjelasan yang cukup menarik buat di pelajari.

Yakni, Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk ataupun flashdisk. Yang tentunya dibutuhkan jika suatu saat hal ini terjadi. Atau bahkan, sekarang sedang kamu alami. Siap menyimak sobat! Yuk, meluncur!

Buktikan! Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk maupun flashdisk Paling Efektif dan aman

cara mengembalikan file yang terhapus di hardisk

Apabila kamu ada yang mengalami masalah diatas, tidak perlu panik. Berikut beberapa langkah untuk mengatasinya. Salah satunya ialah melalui aplikasi bernama Recuva. Namun, sebelumnya simak dulu yuk aneka macam aplikasi ini.

Apa Itu Recuva

Recuva adalah software yang dapat kamu pergunakan untuk mengembalikan sejumlah file yang hilang. Aplikasi ini juga mampu membuat recycle Bin yang telah delete kembali ke format semula. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk; hardisk, flashdisk, MP3 player, kamera digital hingga kartu memori. Bahkan, dikatakan mampu mengembalikan dokumen yang telah terhapus oleh bug, crash maupun virus.

Plus-Minus Recuva

Suatu perangkat kendati memiliki beberapa keunggulan. Pastilah juga mempunyai minus di sejumlah bagian. Recuva, lantas apa saja Kelebihan dan kekurangan aplikasi ini?

1. Keunggulan Recuva

a. Fleksibel, karena bisa dipakai untuk berbagai media data
b. Kemampuan mengembalikan  dokumen di hampir semua jenis. Misalnya: foto, musik, dokumen bahkan juga email. Secara aman, mudah juga cepat
c. Untuk email, Recuva juga mampu mengembalikan dokumen yang terhapus ke dalam format zip. Misalnya saja Outlook Ekspress.zip.
d. Fitur Quick Star Wizard nya disebut juga efektif untuk cara mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk, flashdisk dan yang lainnya.
e. Mampu mengembalikan file Microsoft Word, khususnya yang belum sempat tersimpan. Yakni, dari temporary yang telah ter-create.
f. Tersedia juga versi portable yang memungkinkan kamu untuk memakai software ini. Tanpa harus mengunduhnya.
g. Fitur Deep Cleaning yang sangat ampuh mencari dokumen yang hilang secara cepat dan akurat. Untuk kecepatan proses scanning ini biasanya tergantung dari seberapa besar kapasitas hardisk yang discaning.
h. Adanya fitur hapus dokumen secara permanen. Hal ini biasa digunakan untuk menghindari pihak lain yang tidak berkepentingan mengakses ulang dokumen yang telah kamu hilangkan.
i. Dapat dimanfaatkan di seluruh versi windows, mulai dari windows 2000, 2003, XP, Vista, 2008 hingga windows 7.

2. Kekurangan Recuva

a. Kurang maksimal mengembalikan dokumen yang telah terhapus di hardisk.
b. Fitur gratis beberapa kali menyebabkan beberapa fungsi tak berjalan dengan baik. Semisal dalam hal pemulihan dokumen yang telah dihapus.

Bagaimana Cara Menggunakannya? 

aplikasi recuva

Sebelum mengoperasikan  software ini, pastikan kamu telah mendowloadnya ya. Jika belum punya bisa download segera.

  • Login ke dalam menu wizard dari Recuva
  • Anda dapat pilih atau melewati opsi "Do not show this wizard on startup". Namun, ada baiknya jika diklik saja pilihan ini, kemudian klik next
  • Tekan type file yang akan kamu kembalikan. Tapi jika kamu lupa apa tipe dokumennya, pilih saja All type. Agar seluruh file yang telah terhapus mampu dihadirkan kembali listnya. Namun, biasanya akan lama waktu scanning yang kamu lakukan.
  • Selanjutnya pilih opsi next
  • Setelah itu, akan ada tampilan guna memilih lokasi dokumen yang telah terhapus dan ingin kamu kembalikan. Setelah itu, klik lagi pilihan next
  • Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk berikutnya ialah, jalankan program Recuva. Jika opsi Enable Deep Scan anda pilih , secara otomatis software akan mencari dokumen yang terhapus lebih rinci. Namun, konsekuensinya adalah waktu scanning menjadi lebih lama.
  • Selanjutnya ialah menunggu proses scanning
  • Jika telah ada tampilan list daftar dokumen yang ingin kamu kembalikan, klik file mana saja yang menjadi tujuan Anda. Dan klik opsi Recover dibagian kanan bawah.
  • Setelah tahap ini, kamu akan diminta memilih lokasi untuk recovery dokumen. Usahakan lokasinya jangan sama dengan lokasi hasil scanning, kemudian tekan OK
Setelah berhasil, cek kembali apakah dokumen yang kamu inginkan sudah berada di folder semula, mudah bukan?

Aneka Fitur Recuva

cara mengembalikan file yang terhapus di hardisk

Software recuva ini juga memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan lho. Seperti;

1. Mampu me-recovery file musik yang berada di iPod
2. Saat mengembalikan sejumlah dokumen dari media penyimpanan. Baik yang terhormat atau rusak
3. kemampuan untuk merecovery email yang sudah terhapus. Misalnya saja pada mail client seperti Outlook Express, windows Live mail, Mozilla Thunderbird hingga 
4. Dapat mengembalikan dokumen Microsoft Word saat terjadi yang atau crash, apabila komputer mendadak mati karena listrik padam.
5. Tersedia fitur preview setelah dokumen ditemukan, biasanya dokumen berupa gambar atau image
6. Opsi Deep Scan untuk pencarian dokumen yang terhapus secara lebih rinci.

Advanced Mode Pada Recuva

Software ini juga menyediakan beberapa opsi mode advanced yang cukup menarik. Pada bagian Secure Over writing yang terdapat pada Advanced mode adalah salah satu pilihan yang bisa kamu atur. 

Apa Perbedaan Recuva Dengan Recycle Bin

cara mengembalikan file yang terhapus di hardisk

Pertanyaan ini sering lain terjadi ya sobat. Pasalnya dua metode ini memiliki kemiripan. Lantas apakah perbedaannya?

a. Recuva bisa mengembalikan hampir seluruh dokumen yang telah terhapus, dimanapun file tersebut berada. Sedangkan Recycle Bin hanya mampu me-restore file-file yang ada didalamnya saja
b. Recycle Bin tidak mampu mengembalikan file atau dokumen ketika crash terjadi, sedangkan Recuva mampu
c. Fitur hapus file atau dokumen secara permanen, yang mana tak bisa dilakukan boleh Recycle Bin. Fitur ini akan sangat-sangat berguna ketika nanti komputer atau perangkat lain akan kamu jual. Hal ini dapat mengurangi resiko dokumen disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Telebih jika file atau dokumen tersebut bersifat penting maupun urgent.
Sayangnya, Recuva hanya mampu digunakan pada platform Windows. Kendati telah mencakup versi yang lebih luas.

Merecovery file atau dokumen yang di hapus sengaja atau tanpa sengaja bisa menjadi hal yang begitu penting. Karena terkadang hal ini bisa terjadi karena kesalahan dari komputer kamu sendiri. Namun, melalui aplikasi ini kamu bisa tenang. Terlebih Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Hardisk  dengan sofware recuva dapat diandalkan. Cobain sekarang yuk! Dan dapatkan kembali file atau dokumen kamu yang telah terdelete.