Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Mencegah Pencurian Data HP Android

Pencurian Data Ponsel Android

HP android atau handphone merupakan barang berharga yang harus diperhatikan keamanannya. Disebut berharga karena didalamnya terdapat data-data pribadi yang tersimpan. Banyaknya kasus pencurian data HP android membuat kita lebih waspada dan mencari tahu bagaimana cara mencegah dan menghindarinya.

Tips dan Trik Tutorial Mencegah Pencurian Data HP Android

Pencurian data dari HP pribadi ditemukan berawal dari aplikasi yang diunduh pengguna. Setidaknya hasil penelitian ada sekitar seribu lebih aplikasi yang melanggar aturan dan terbukti diam-diam mencuri data pribadi penggunanya. Nah, sebelum mengalami hal serupa, ada baiknya kamu perhatikan tips berikut ini.

1. Aktifkan Mode Kehilangan dan Android Device Manager

Mode kehilangan dan android device manager ini adalah fitur HP yang dapat kamu aktifkan untuk mencegah terjadinya pencurian data-data HP android. Dengan mengaktikan mode kehilangan kamu bisa mengamankan HP dari jarak jauh dan melakukan blocking pada pencuri yang mau mengambil data pribadi kamu. Hal ini bisa dilakukan apabila HP kamu memang telah dicuri oleh orang lain.

Dan juga dengan mengaktifkan android device manager, kamu bisa mengetahui posisi di mana lokasi dari HP kamu yang hilang tersebut. Namun, apabila pencurian data HP dilakukan oleh aplikasi yang sedang kamu unduh, maka berikut tips selanjutnya bisa menjadi solusinya.

2. Selalu Perhatikan Izin Aplikasi

Sebelum kamu melakukan pengunduhan apk, sebaiknya kamu memperhatikan izin-izin untuk apk tersebut. Dengan memperhatikan izin apk tersebut, pencurian data yang dilakukan oleh aplikasi jahat dapat diminimalisir. Hati-hati jika kamu menemukan keanehan ketika hendak mendownload sebuah aplikasi. sebaiknya batalkan saja dan cari aplikasi lain yang sejenis lewat situs resmi seperti google playstore.

Tapi, jika kamu memang sangat membutuhkan, sebaiknya kamu survey terlebih dahulu aplikasi tersebut. Kamu bisa melakukan riset di google tentang aplikasi dan perusahaan yang membuat aplikasi tersebut. Sehingga kamu bisa tahu apakah apk tersebut dapat dipercaya atau tidak dan belum pernah melakukan pencurian data atau scamming.

3. Unduh Apk Hanya dari Google Playstore atau AppStore

Hindari mendownload aplikasi di website dan lakukan pencarian aplikasinya di google store atau app store yang memang sudah terpercaya dan aman.

Walaupun memang tidak semua aplikasi tersedia di sana dapat dipercaya 100%, namun masih lebih baik. Karena aplikasi yang tersedia di platform google store atau app store tersebut akan diperiksa kualitas dan standarnya. Hal ini untuk memastikan aplikasi tersebut menerapkan kebijakan khusus untuk melindungi data-data konsumen.

Selain itu, pengunduhan Aplikasi yang berasal dari website dapat menimbulkan resiko perangkat HP kamu terkena virus, ransonware, malware, apyware atau bahkan hacker yang bisa saja melakukan pencurian data HP android Anda.

4. Perbarui Selalu Perangkat Lunak

Hal ini sangat penting untuk menjaga keamanan data HP Anda. Dengan melakukan update secara rutin, dapat membuat aplikasi kamu lebih terlindungi dari pada yang dimiliki para hacker yang ingin mencuri data pribadi Anda. Jika perlu kamu bisa pengaturan setelan perangkat HP kamu menjadi update secara otomatis.

5. Waspada Bila Memakai WiFi Publik

Jika kamu sering memakai wifi gratis yang ada di tempat terbuka saat berada di luar rumah, kamu harus mewaspadai satu hal, yaitu hindari segala bentuk transaksi atau komunikasi penting, karena bisa saja HP kamu kena tracking oleh penguna wifi yang satu jaringan dengan Anda. Inilah yang menyebabkan pencurian data HP android kerap kali terjadi tanpa kamu ketahui.

Demikian 5 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah pencurian data HP android kamu. Tetaplah waspada dan berhati-hati dimanapun kamu berada.