Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi HP Android Lupa Pola dengan Cara Ini - Dijamin Berhasil!


Mengatasi HP Android Lupa Pola

Saat ini HP android sudah dibekali  dengan penguncian menggunakan face recognize, pin atau pola khusus sesuai keingginan pengguna. Dengan alasan menjaga keamanan dan privasi penggunanya hal ini tentu sangat penting dan dibutuhkan. Karena itu tidak sedikit yang lupa dengan kombinasi polanya, sehingga HP anda terkunci dan tidak bisa dibuka, sangat menyebalkan kalo sudah terkunci, iya kan? Jika masalah ini terjadi maka segera atasi HP android lupa pola dengan beberapa cara berikut ini.

Cara untuk Mengatasi HP Android Lupa Pola

Di internet sudah banyak bertebaran cara mengatasi HP android lupa pola. Tapi dari sekian banyak cara mereka cenderung menyarankan untuk mereset ulang HP, sehingga data-data penting yang ada di dalam HP tidak bisa diselamatkan. Seperti halnya sms, nomor kontak, history chat, aplikasi, Whatsapp dan lain-lain. Tak perlu pusing mungkin anda bisa mencoba terapkan cara yang lebih aman di bawah ini :

1. Menggunakan Forgot Pattern

Untuk mengatasi HP android lupa pola : Cara pertama adalah dengan memanfaatkan fitur "forgot pattern" pada HP anda. Untuk menggunakan fitur ini, coa buat pola yang salah selama beberapa kali, sampai muncul pilihan forgot pattern. Pastikan koneksi internet anda stabil, ya dan ikuti cara-cara yang ada di bawah ini :

  • Saat notifikasi forgot pattern muncul pada HP anda, maka pilih membuka pola menggunakan akun google anda.
  • Masukkan email dan password anda lalu pilih sign in.
  • Muncul kotak pilihan; google akan mengajukan pertanyaan pemulihan atau google akan mengirim pola anda ke email,  maka pilihlah opsi kedua.
  • Buka email anda yang dikirimkan menggunakan laptop atau menggunakan HP teman.
  • Ikuti langkah-langkah yang diminta oleh google dengan memasukkan pola yang sudah dikirimkan dan lihatlah hasilnya.

2. Menggunakan Android Device Manager (ADM)

Untuk mengatasi HP android lupa pola: Cara yang kedua adalah dengan menggunakan Android Device Manager. Cara ini juga aman untuk diikuti langkah-langkahnya, karena data-data penting anda masih bisa diselamatkan. Cukup anda menyediakan komputer atau laptop dan jaringan internet, lalu ikuti langkah-langkah berikut :

  • Kunjungi website android device manager melalui komputer atau laptop. Pastikan anda log in terlebih dahulu menggunakan email yang sama pada akun HP anda
  • Muncul kotak dengan tiga pilihan yaitu deringkan, kunci, serta hapus. Anda Pilih kunci atau lock
  • Setelah masuk ke jendela/windows baru, buatlah kata sandi atau password baru
  • Silahkan tunggu beberapa menit lalu anda bisa menggunakan kata sandi tersebut untuk membuka HP anda

3. Memanfaatkan HP Teman

Untuk mengatasi HP android lupa pola: Cara yang ketiga adalah dengan meminta bantuan dari HP teman. Cara ini jauh lebih mudah dan praktis tanpa perlu menyediakan komputer atau laptop, cukup menyediakan HP orang yang terpercaya dan ikuti langkah-langkah berikut dibawah ini :

  • Lakukan panggilan ke nomor telepon yang terkunci menggunakan HP lain
  • Tunggu sampai proses panggilan tersebut berdering ke HP
  • Saat HP sudah berdering, tekan tombol “home” agar HP bisa masuk ke menu utama
  • Selanjutnya, ubahlah pengaturan pola atau pin dengan yang baru 

4. Memanfaatkan Reboot Safe Mode Android

Untuk mengatasi HP android lupa pola : cara yang keempat adalah dengan memanfaatkan fitur “safe mode”. Cara ini biasanya diaplikasikan untuk HP yang kekunci akibat pihak ketiga. Agar data anda tidak hilang maka pastikan anda mengikuti cara di bawah ini dengan seksama dan benar :

  • Tekan lama tombol power di HP anda sampai muncul pilihan untuk shutdown atau restart di HP anda
  • Lalu tekan tombol power sekali lagi sampai muncul pilihan reboot safe mode dan pilih Yes atau OKE
  • HP anda akan melakukan loading untuk memulai ulang lalu akan masuk ke menu safe mode. Lakukan proses uninstall untuk aplikasi yang menyebabkan HP anda terkunci
  • Setelah proses uninstall selesai lakukan restart HP anda lagi dan Selesai.

Demikianlah empat cara untuk mengatasi HP android lupa pola atau pin. Keempat cara di atas terbukti aman dan bisa dilakukan sendiri di rumah atau dimanapun tanpa perlu keahlian khusus. Semoga cara ini bermanfaat dan untuk mengantisipasi HP anda lupa pola sering-sering melakukan back up data penting secara rutin dan berkala.