Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Dan Cara Tepat Atasi Bootloop di Android Dijamin 100% Work


Cara Mengatasi HP Bootloop di Android

Tutorial Dan Cara Tepat Atasi Bootloop di Android Dijamin 100% Work

Apakah kamu pernah mengalami masalah dengan smartphone Android mu? Ketika kamu sedang mengerjakan keperluan penting dengan HP kamu dan tiba-tiba HP menjadi tidak berfungsi alias Freeze. Tampilan pada layar HP kamu hanya muncul logo yang berputar-putar tidak mau masuk ke sistem Androidnya. Saya yakin pasti hal ini akan membuatmu bingung, gelisah dan jengkel. Masalah pada HP Android Ini biasa disebut dengan bootloop dan ini sangat terjadi apabila terjadi crash pada system androidnya. Kira-kira apa yang menyebabkan terjadi hal ini dan bagaimana mengatasinya?

Bootloop di HP Android adalah kondisi dimana HP terdapat masalah pada software Android sehingga tidak mau masuk ke dalam sistemnya. Hal ini ditandai dengan munculnya logo Android pada layar secara terus-menerus. Jangan panik, tidak perlu terburu-buru mambawa HP android kamu ke service center atau ke service HP daripada kamu harus keluar biaya lagi untuk perbaikan, apalagi HP harus menginap di service HP.

Penyebab munculnya Bootloop di Android

Lantas apakah cara yang harus dilakukan untuk mengatasi bootloop di HP Android? Sebelum pada pembahasan topik solusi, yang harus kamu tahu adalah jenis bootloop yang dialami. Bootloop dibedakan terbagi menjadi dua berdasarkan jenis kerusakannya, yaitu light bootloop dan hard bootloop. Selain itu penyebab terjadinya bootloop juga harus diketahui agar di lain hari agar berhati-hati menggunakan HP Anda.

Yang pertama adalah light bootloop yaitu bootloop ringan mungkin ini hanya terjadi sesekali saja dan sifatnya sementara tidak permanen.

Yang kedua adalah hard bootloop yaitu bootloop yang termasuk kategori rusak berat, ditandai dengan gagalnya untuk loading system androidnya biasa permanen dan kondisi yang sama ketika kamu mencoba restart berulang-ulang. Kerusakan Bootloop ini terjadi karena pengguna melakukan hal-hal atau mencoba sesuatu yang berkaitan dengan sistem Android, seperti halnya:

1. Melakukan pengunduhan MOD

Pengunduhan MOD yang tidak sesuai dengan ROM yang digunakan oleh sistem HP Android kamu akan menjadi salah satu penyebab terjadinya bootloop.

2. Kegagalan flashing custom ROM

Kegagalan dalam melakukan flashing custom ROM atau aplikasi tertentu yang tidak standar ke dalam HP android kamu.

3. Pengaturan permission dan restore file

Kemungkinan juga salah melakukan pengaturan izin akses dan menghapus file, merupakan kesalahan pengguna ketika mengelola file sistem dari HP Android setelah berhasil mendapatkan akses root.

4. Kerusakan komponen dalam perangkat

Rusaknya komponen hardware dalam HP android sering kali menjadi penyebab bootloop, seperti halnya kerusakan pada eMMC.

Solusi Cara Mengatasi HP Bootloop di Android

Solusi yang tepat mengatasi bootloop di Android adalah berdasarkan pada jenis kerusakannya . Pada light bootloop atau bootloop ringan meskipun dianggap tidak mengganggu akan tetapi harus diatasi agar tidak menjadikan HP androidnya rusak lebih parah. Tidak diperlukan langkah teknis yang sulit dan rumit. Namun jika sudah dicoba tapi tidak berhasil diperlukan langkah berikutnya seperti halnya hard bootloop. Berikut adalah solusi mengatasi bootloop pada HP android.

1. Matikan perangkat Android kamu, lepas memori, kartu dan baterai nya. Lalu tunggu sekitar tiga puluh menit hingga dua puluh empat jam. Kemudian pasang kembali dan aktifkan, cara ini sangat cocok untuk mengatasi masalah bootloop ringan.

2. Masuk ke dalam factory reset atau pengaturan pabrik. Jika HP Android kamu gagal booting, maka kamu bisa masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume dan lalu pilih wipe data atau factory reset. Setiap merk perangkat android berbeda untuk bisa masuk ke recovery mode. Jika sudah berhasil masuk lakukan hal berikut :

Gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursor dan tombol power untuk melakukan pilihan. Pilih wipe data/factory reset lalu tekan tombol power pada HP androidmu.

Arahkan kursor pada pilihan Yes/delete all user data. Selanjutnya HP android akan memproses dan tunggu hingga ada pemberitahuan selesai dan langsung melakukan restart.

3. Mencoba memperbaiki dengan melakukan install ulang sistem atau flashing ROM. Untuk Flashing ROM diperlukan kehati-hatian karena software yang dipakai harus sesuai dengan perangkat android kamu.

Demikian, mudah bukan mengatasi masalah bootloop di Android? tutorial ini kamu bisa coba sendiri sebelum kamu mengeluarkan biaya untuk ke service. Namun jika dirasa sulit untuk diatasi mungkin kamu bisa membawanya ke Service Center perangkat Android, karena bootloop terjadi bukan karena kesalahan sistem kemungkinan juga pada kerusakan hardwarenya . Selamat mencoba semoga berhasil!!.